Archive for May, 2008

Strawberry

strawberry
Berawal dari suka banget sama smua varian makanan dan minuman yang mengandung strawberry, aku jadi terinspirasi untuk mencari tau manfaat buah ini. Diluar dugaan, ternyata strawberry banyak banget manfaatnya. Padahal selama ini aku mengkonsumsi strawberry bukan karena tau manfaatnya, tapi karena rasanya yang menurutku enak banget

Dibalik manfaatnya yang banyak, ternyata ada legenda menarik juga loh tentang strawberry. Dulu banget (entah kapan), strawberry dijadikan lambang cinta oleh orang-orang yang hidup di zaman Yunani kuno. Bukan karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati, tapi karena warna, rasa dan manfaatnya bagi manusia, terutama untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan orang Romawi mengelompokkan strawberry sebagai tumbuhan obat-obatan karena sangat kaya vitamin C, sumber folat dan potasium. Satu ons strawberry mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan satu ons jeruk sitrun.

Setelah membaca beberapa web yang membahas tentang strawberry, aku mencoba mengumpulkan manfaat-manfaat buah ini. Manfaat buah strawberry antara lain :

1. Mengandung phytochemicals, yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan mengikat radikal bebas, sehingga mencegah timbulnya penyakit dan menunda proses penuaan.

2. Mengandung ellagic acid sebagai antioksidan yang terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.

3. Mengurangi risiko kanker dan penyakit yang ditimbulkan asap rokok. (berdasarkan penelitian di Amerika)

4. Mengandung zat antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan.

5. Dengan mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari, kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Strawberry memiliki kandungan citamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dengan kandungan vitamin C sebanyak itu, strawberry diyakini mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker hingga 37 persen. Selain itu strawberry juga diyakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.

6. Memiliki efek terapi yang sangat baik untuk pencegahan penyakit leukimia, anemia aplastik ( kurang darah aplastik) dan penyakit darah.

7. Dua macam zat yang terkandung dalamnya, “strawberry amine” dan “asam tanat”, memiliki efek mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.

8. Memiliki nilai medis yang tinggi, punya efek membasahi paru dan menghasilkan cairan tubuh, menguatkan limpa dan lambung, melancarkan air kemih dan bengkaknya lisut, meredakan demam dan menghilangkan panas, cocok untuk merangsang nafsu makan, meredakan batuk.

9. Mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

10. Menyusutkan kadar kolesterol

11. Meredam gejala stroke

12. Mengandung zat anti alergi dan anti radang

13. Cocok untuk diet bagi pengidap diabetes karena kandungan gula di strawberry hanya sedikit

14. Memutihkan dan membersihkan permukaan gigi

15. Melawan encok dan radang sendi

16. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. 3 sampai 4 cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari dapat efektif menghentikan serangan diare

Masih banyak lagi manfaat-manfaat strawberry yang ga terungkap disini. Tapi selain ke-16 hal di atas, ada peran penting buah strawberry dalam dunia kencatikan. Konsentrasi 7 zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, strawberry sangat efektif untuk memperlambat proses penuaan. Kandungan vitamin B1, B2, C dan Provitamin A pada strawberry dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah, bersih serta dapat mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit.

Wahh…stelah tau banyak banget manfaat strawberry, jadi makin pngen sering-sering mengknsumsi makanan yang mengandung strawberry.

Sedikit tips yang pngen banget dapetin semua manfaat strawberry tapi ga terlalu doyan strawberry : strawberry bisa diolah jadi beberapa makanan atau minuman yang enak banget buat dikonsumsi, seperti :

pie juice cake puding

sus brownies cake puding

cake roll sundae eskrim

wahh…banyak banget kan makanan yang mengandung strawberry..dan semuanya dijamin enak!! selamat makan strawberry 🙂

Comments (4) »

10 Film Indonesia Paling Berkesan di Hati Penonton

Beberapa hari yang lalu sempet nonton sebuah acara survey di Metro TV. Sayang aku lupa nama acaranya. Hehehe.. Tapi yang jelas acara itu membahas tentang 10 film Indonesia yang paling berkesan di hati penonton. Film nya mulai dari film zaman dulu sampe film-film tahun 2008. Ternyata klo dipikir-pikir banyak banget loh film Indonesia yang bagus dan ceritanya membekas di hati penontonnya. Yang lebih hebatnya lagi, film bagus di Indonesia itu bukan cuma film-film yang muncul stelah heboh film “Ada Apa dengan Cinta?” yang tayang di bioskop tahun 2000. Ternyata film-film zaman tahun 70-an juga bagus dan bisa memberi kesan sendiri di hati penontonnya.
Ini dia, 10 film Indonesia paling berkesan menurut hasil survey metro TV :
1. Ayat-Ayat Cinta
2. Nagabonar
3. Ada Apa dengan Cinta?
4. Nagabonar jadi 2
5. Gie
6. Tjut Nja’ Dhien
7. Denias
8. Pengkhianatan G30S/PKI
9. Arisan !
10. Get Married

Beruntung banget dari sepuluh film di atas sebagian besar udah pernah aku tonton, jadi bisa ikut2an menilai film seperti apa sih yang dibilang bagus dan berkesan di hati penontonnya. Ternyata dari beberapa film di atas banyak juga film yang temanya nasionalis. Ini menunjukkan juga klo ternyata semangat nasionalisme warga kita masih kuat, ga harus ditunjukkin lewat demo dan kegiatan2 sejenisya, tapi dengan nonton film nasionalis pun udah menunjukkan klo kita masih punya jiwa nasionalisme.

Comments (2) »

Search Engine kitakita

Insya Allah ini jadi tugas besar terakhir yang aku kerjain bersama tmen-tmen seperjuangan selama kuliah. Wah, perjuangan yang berat di sela-sela harus ngerjain skripsi. Demi menjaga persahabatan dan tetep bisa meluangkan waktu bersama, di awal semester 8, aku sama sahabat2ku sepakat ngambil mata kuliah pilihan Information Retrieval(IR). Kuliahnya mendalami tentang cara kerja search engine, terutama cara kerja Google!

Nah, sebagai konsekuensinya (seperti biasa), di akhir kuliah ini, kita dikasih tugas besar yang harus dikerjain dalam waktu skitar 2 mingguan. Karena di kuliah ini kita belajar cara kerjanya Google, akhirnya tugas besarnya pun disuruh bikin search engine juga. Dulu waktu semester 6, pas ngambil kuliah Desain&Analisis Algoritma, pernah juga sih disuruh bikin search engine, tapi menggunakan algoritma-algoritma yang udah diajarin. Nah klo search engine tugas IR ini dibikin bener-bener sesuai cara kerja search engine yang seharusnya dan harus bisa berjalan online.

Tahap pembuatan search engine nya sendiri dibagi jadi dua : Indexing dan Searching

Proses yang dilakukan waktu indexing ternyata ga sederhana dan lumayan banyak, antara lain :

1. Saat ada dokumen yang masuk, dilakukan proses break into token, yaitu memecah-mecah dokumen jadi token-token alias dipecah per kata.

2. Abis itu, dilakukan stop list, yaitu menghilangkan token-token yang ga penting, misalnya kata-kata : dan, di, yang, atau, dst.

3. Proses yang ketiga yaitu stemming. Proses ini untuk menghilangkan imbuhan dan mengembalikan kata-kata ke bentuk dasarnya. Misalnya kata “mengerjakan” di-stemming menjadi kata “kerja”

4. Setelah itu, token-token yang udah lolos proses stop list dan stemming diberi bobot (weight). Sebenernya ada 2 metode term weighting yang bisa dipake yaitu term frequency (tf) dan idf (lupa idf tuh kepanjangannya apa..hehe). Cuma kmaren aku cuma bikin pembobotan token nya pke metode term frequency, yaitu dengan membari bobot pada token sesuai jumlah kemunculan token itu dalam sebuah dokumen.

5. Stelah keempat proses di atas selesai, baru deh token itu bisa masuk ke database sebagai index.

Fiuhhhhh….melelahkan bukan? padahal ini cuma untuk indexing aja. Sedangkan proses searching nya sendiri ga jauh beda sama proses indexing nya. Proses nya antara lain :

1. Parse query, yaitu memecah-mecah query (keyword) yang dimasukkan user menjadi token-token. Proses ini ga jauh beda sama proses break into token di indexing.

2. Abis itu token-token yang dipecah dari query tadi masuk ke proses stop list dan stemming. Proses ini juga ga jauh beda sama yang ada di indexing.

3. Nah proses yang ketiga ini yaitu mencari token di index database dan di document collection

4. Trus semua dokumen yang ditemukan dilakukan pe-ranking-an dulu sebelum ditampilkan. Ada beberapa metode perangkingan ini misalnya dengan menghitung nilai similarity antara dokumen dan query nya, bisa juga dengan metode page rank. tapi kmaren search engine yang aku buat cuma pke metode perankingan similarity.

5. Abis dilakukan perankingan, baru deh dokumen hasi pencarian itu ditampilkan sesuai urutan rankingnya, yaitu semakin tinggi nilai similarity sebuah dokumen dengan query nya maka semakin tinggi juga ranking nya

Lumayan bekerja keras juga nyelesain tugas besar ini. Tapi puas juga dengan hasilnya. Buat yang mw liat kya apa hasil search engine buatanku dan tmen2ku bisa diliat di :

untuk proses indexing nya di www.kitakita.co.cc/indexing2. Nanti disana silahkan masukkan dokumen (dalam format free text dokumen yang diinputkan ke text area), trus klik tombol submit, nanti kluar smua proses yang terjadi di indexing kya yg dijelasin di atas

trus, klo untuk searching nya diakses lewat www.kitakita.co.cc. Masukkan keyword di textfield yang tersedia. Klo kata-kata yang dicari ada, maka akan tampil hasilnya sekaligus muncul proses-proses searching yang dijelasin di atas. Tapi mohon maaf kalo tiba-tiba keyword yang dicari sering ga ada, karena kami bukan Google! yang punya web crawler otomatis yang bisa mengenali hampir semua halaman web yang ada di internet. Tapi yang insya Allah ada yaitu dokumen dengan keyword “internet”.

Selamat mencoba!! 🙂

Comments (11) »

Flanel Cake

Selama ini cake/kue kan dibikinnya pasti pke tepung terigu, telor, dan teman-temannya. Tapi sekarang ada terobosan baru. Cake udah ga harus dibikin dari tepun terigu lagi tapi dari kain flanel. Tapi sayangnya, cake dari flanel ini ga bisa dimakan. Hehehe..

Selama ini juga kan kita kenal kreasi kain flanel tuh bentuknya itu-itu aja, boneka gantung, gantungan kunci, tas, atau dompet koin. Tapi sekarang kreasi kain flanel juga udah banyak yang dibuat dalam bentuk miniatur-miniatur kue alias flanel cake.

Nah..ini dia beberapa contoh kreasi flanel cake :
choco cake mini cakes

slice cakes handmade cakes

Kreasi-kreasi ini juga udah banyak dijual online di internet. Dan bagusnya lagi, beberapa waktu yang lalu, aku sempet mampir ke gramedia, disana aku nemu buku belajar bikin kreasi flanel cake. Wahh, lumayan nih buat ngisi waktu luang.

Comments (11) »