Mumet coding TA..rasanya LUAR BIASA!

Huaaa…udah hampir 2 minggu ini aku habiskan untuk satu kegiatan konkrit yang bernama “coding TA”..kmaren2, karena masih ngambil 2 kuliah lagi, masih ngerjain tugas besar, plus masih harus belajar AJAX sbagai syarat untuk memulai coding TA ku, akhirnya aku memutuskan untuk “kerjakan apa yang bisa aku kerjakan sekarang!”. Mulai dari nyelesein Bab 2 (dasar teori) sampe bikin stengah dari bab 3 (perancangan).

Dan tibalah saatnya, dimulai dari hampir 2 minggu yang lalu, saat smua tugas2 kuliah udah beres, kegiatan kuliah pun udah ga ada. saat hampir memasuki minggu ujian, “kbetulan” banget aku dapet kesempatan di smester ini untuk bebas UAS karena nilai yang sudah berlebih, akhirnya “inilah saatnya” memulai coding TA. Berhubung buku TA bisa dibilang udah beres sampe bab 3 stengah, dan blajar AJAX pun akhirnya tuntas. Sudah saatnya memulai coding TA yang sesungguhnya.

Hari pertama ga terlalu berat karena masih menganalisis database&class2 yang dibutuhin. Codingnya pun cuma bikin class2 di PHP aja, itu pun masih class2 dasar yang isinya cuma fungsi standar insert, update, delete. Memulai hari berikutnya, mulai dipusingkan dengan bikin class2 yang udah agak ribet dan tiba2 terjadi kejutan. Proses grab content yang aku udah yakin banget bisa diakses lewat XMLRPC, ternyata tiba2 hari itu aku dikejutkan oleh fakta klo mw akses lewat XMLRPC harus punya username dan password blog yang content nya mw diambil. Gila aja..gimana caranya aku minta username sm password blog orang???skalipun itu tmen2 deketku sendiri yang nantinya blog nya mw aku jadiin bahan testing.

Besoknya langsung lah pergi bimbingan menceritakan kejutan di atas. Dosen pembimbingku pun hampir ga percaya dan bilang “hah?masa sih harus pke username sm password?”. Akhirnya aku pulang dan mencari cara lain. Dapetlah cara standar mengakses lewat RSS. Tapi harus pinter2 ngakalin gimana caranya biar bisa mengambil smua content lewat RSS, bukan cuma beberapa content terbaru aja. Beruntung caranya ktemu dan cara ini disetujui oleh dosen pembimbingku.

Saat baru lega bisa dapet cara grab content, aku coba-coba masukin content dan info2 lain ke database, secara klo dari alamat feed nya outputnya masih dalam bentuk dokumen XML. Aku coba akses lewat class DOMDocument yang emang udah ada di PHPnya. Ternyata semua info bisa diambil kecuali content full nya!! wah..kejutan apa lagi ini?? Stelah aku liat di dokumen XMLnya, ternyata tag content nya udah di-encode. Wow!! Masalah yang satu selesai, datanglah masalah lain yang lebih berat. Sampe smpet tanya2 orang gimana cara akses dokumen yg udah di-encode, dan jawaban semua orang adalah “decode dokumennya. Caranya? harus tau fungsi encode nya”. Gila aja.. Mw nangis aja rasanya

Merasa ga mungkin men-decode content nya, akhirnya berjuanglah seharian browsing2 di internet. Siapa tau ada yang tau caranya ngambil content blog full. Stelah beberapa jam browsing2, akhirnya dapetlah sebuah free source code yang aku butuhkan. Langsung lah coba2 menerapkan source code itu ke fungsi grab content di program TAku, ternyata bisa. Terima kasih ya Allah….

Waktu udah bisa grab content, langsung lah seharian coding dengan semangat walaupun masalah2 kecil sempet berdatangan, tapi ga semumet waktu dapet “kejutan2” kmaren..Akhirnya smua proses mulai dari submit, grabbing, parsing, sampe indexing slesai sudah. walaupun blm 100% beres, tapi semua proses itu udah hampir slesai. Tinggal bikin proses searching sm display2nya. Tapi jangan lupa, semua proses itu blm bisa jalan lewat AJAX, karena emang AJAX engine nya blm dibuat. hehe.. Kmaren testing nya pun masih langsung dari client ke server.

Fiuhhh…proses yang baru stengah jalan ini ternyata udah bgitu melelahkan sekali. Udah sampe kbawa2 mimpi, sampe klo jalan2 pun kpikiran. Gila yaa..bgini luar biasanya coding TA. sbenernya pngen slalu dibawa nyantai, ga terlalu dipikirin, tapi mana bisa. Secara makin jauh coding masalah selalu berkembang dan makin membuat penasaran untuk dislesein, jadilah makin bikin kepikiran sama TA terus menerus.

Nah besok nih saat nya mulai berjuang bikin AJAX engine. Entah kejutan masalah apa lagi yang bakalan dateng menghadang. Tapi seru banget sempet ngerasain hal-hal kya gini. Ternyata begini rasanya, ternyata lebih dahsyat daripada dulu2 harus begadang nyelesein tugas besar dan blajar buat ujian. Ternyata rasanya coding TA lebih luar biasa dari itu smua.

4 Responses so far »

  1. 1

    huda said,

    ya yang sabar ya! ntar kalo udah udah ahli pasti bisa.
    ngomong-ngomong aku juga lagi kena tugas project 1 bbulan penuh melototin java

  2. 2

    blu3vanda said,

    @huda
    iya makasih yaa..mudah2an cpet beres 🙂

  3. 3

    deniar said,

    ayo semangat sayang…..

  4. 4

    Vidya cHaNtiQue said,

    yeah…
    masalah itu datang untuk melatih kesabaran dan kerja keras kita…
    gw yakin nikmatnya setelah berhasil sidang akan sebanding dengan perjuangan kita saat ini…

    ngutip dari arun:
    “HIDUP PEJUANG TA!!!”


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment