Sarapan.. Seberapa penting sih??

Tulisan ini aku buat karena terinspirasi sama “mas deniar” yang tiba-tiba suka sarapan pagi cereal. Aku jadi pngen tau apa sih manfaat sarapan pagi dengan cereal? Ehh..ternyata jadi menemukan beberapa artikel tentang pentingnya sarapan pagi.. Klo boleh crita tentang pengalaman pribadi nih.. aku dari kecil sampe kelas 3 SMA diwajibkan stiap pagi harus sarapan dan minum susu. Berhubung mamaku orangnya disiplin dan rajin banget, tiap jam 4 pagi udah bangun buat masak sarapan pagi dan nyiapin susu buat sekeluarga, Jadi sampe aku umur 18 tahun emang aku ga pernah melewatkan satu hari pun tanpa sarapan pagi dan minum susu. Dan aku ga boleh pergi sekolah sebelum sarapan dan minum susu. Nah, sejak kuliah kebiasaan baik itu justru menghilang karena slama kuliah aku tinggal di Bandung (sementara orang tuaku di Jakarta) dan di Bandung ini aku nge-kost. Buat anak kosan sperti aku, yang slama 18 tahun kmaren apa-apa slalu disiapin, sekedar menyiapkan sarapan atau bikin susu sendiri awalnya berat banget. Akhirnya aku mulai jarang banget sarapan pagi dan ga pernah minum susu lagi. Dan perbedaannya berasa banget. Sejak kuliah aku jadi gampang banget sakit, padahal kegiatan ga sebanyak waktu sekolah dulu. Trus untuk masalah otak juga kaya’nya semenjak kuliah ini kualitas otak jadi menurun. Hehehehe…. Akhirnya aku mulai sering untuk minum susu tiap bangun tidur, tapi ga pernah sarapan juga. Sarapan pagi nya Cuma minum susu, padahal susu yang aku minum juga susu biasa (bukan model susu untuk pengganti sarapan atau susu cereal). Sejak suka minum susu sih lumayan lah, jadi jarang sakit. Tapi ternyata susu aja ga cukup loh untuk sarapan (kecuali mungkin untuk susu-susu yang emang dirancang sebagai pengganti sarapan seperti WRP dan sejenisnya). Ternyata bgini nih fakta dari para ahli tentang sarapan pagi dan seberapa penting sarapan pagi itu???

Orang yang malas sarapan pagi berisiko empat kali lipat kegemukan, kata Harvard Men’s Health Watch. Sebaliknya, yang rajin sarapan sehat akan diganjar bebas penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker usus.

Sarapan pagi adalah saat makan paling penting dalam sehari. Makanan yang diasup di pagi hari itu bertugas mendongkrak kadar gula darah. Setelah melewatkan satu periode berjam-jam tanpa makan, kadar gula darah kita otomatis rendah.

Hanya sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari manfaat sarapan dan menganggap sarapan itu tidak penting. kata dr Sri Sukmaniah MSc SpGK (K).

“Gula darah adalah sumber utama energi otak dan sel darah. Saat tidur, gula dan glikogen di dalam tubuh terus dipakai, sehingga ketika bangun, gula darah menjadi turun. Padahal, aktivitas di pagi hari membutuhkan glukosa dan glikogen,” katanya

Itulah sebabnya menurut dr. Sri banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan sarapan, terutama sekali pada anak-anak. Selain membuat lebih konsentrasi belajar serta memiliki kemampuan berpikir dan beraktivitas, sarapan juga memulihkan cadangan energi dan kadar gula darah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia (UI) ini mengakui, banyak yang tidak menyadari manfaat sarapan dan menganggap makan pagi tidak penting.

Banyak juga orang yang mengira, hanya dengan makan siang dan makan malam sudah cukup. Padahal, dengan tidak sarapan akan membuat sangat lapar di siang hari sehingga cenderung makan berlebihan.

“Kalau perut kosong lebih dari 10 jam tiba-tiba dapat makanan banyak, perut akan teregang tiba-tiba sehingga bisa mengakibatkan mual, sakit perut, dan keluhan lainnya.”

Sarapan, kata dr Sri, adalah mengisi kembali cadangan energi untuk memulai hari dengan berbagai aktivitas. Sarapan yang baik dan cukup bila tubuh mempunyai cukup energi untuk beraktivitas, baik aktivitas otak seperti berpikir, belajar, dan berkontrasi, maupun aktivitas fisik lainnya.

Dengan sarapan, lambung akan terisi yang menetralisir asam lambung. Lambung yang kosong terlalu lama membuat asam lambung terganggu sehingga dapat mengakibatkan rasa perih di perut.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa sarapan pagi kaya karbohidrat dan rendah lemak menjadikan otak jadi lebih waspada dan sikap lebih asertif.

“Sebaliknya, orang yang tidak sarapan biasanya jadi lemot dan telmi,” ujar dr Sri lebih lanjut.

Akan tetapi harus diingat, porsi sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak. Sarapan dengan porsi besar akan membuat sakit perut dan aktivitas fisik terganggu. Waktu ideal untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam terakhir.

“Konsumsi sarapan bermanfaat terhadap fungsi kognitif, daya ingat, nilai akademis, tingkat kehadiran di sekolah, fungsi psiko-sosial, dan kondisi perasaan.”

Nah..tapi nih masalahnya buat sebagian besar orang,menyiapkan sarapan pagi yang ideal kan ga gampang. Apalagi buat orang-orang seperti aku yang tinggal misah dari keluarga. Susah banget buat aku buat sarapan pagi rutin setiap hari, apalagi klo harus kuliah Jam 7 pagi, boro-boro mau sarapan, nyampe kampus aja kadang telat. Nahh ini juga yang dialami sama “mas deniar” sekarang. Di saat dia udah mulai kerja dan harus sampe kantor jam 8 pagi, jadi dia mulai skarang mulai ngebiasain sarapan pagi pke cereal dan susu. Nah klo sarapan cereal dan susu tuh sbenernya gimana yah? Ini nih artikel yang aku temuin tentang sarapan cereal dan susu

Berdasarkan data European Breakfast Cereal Association, anak-anak yang sering sarapan sereal lebih tercukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya dibandingkan dengan anak yang jarang sarapan sereal,”

Namun, sarapan yang sehat tidak berarti asal mengunyah makanan apa saja di pagi hari. Makanan bernutrisi lengkap seimbang (4 sehat 5 sempurna) adalah kunci sarapan sehat. Juga jangan lupakan serat saat sarapan.

Buat orang dari belahan dunia Barat, sarapan sereal plus susu adalah salah satu pilihan sehat sebab kandungan serat juga terdapat di dalam sereal.

Kandungan serat dalam sereal, menurut Harvard Men’s Health Watch, bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, termasuk juga kanker usus besar dan polip di usus.

atu hal yang harus disadari oleh para orangtua, kebiasaan sarapan sehat ini sebaiknya tak hanya dilakukan sesekali saja, melainkan seumur hidup, dari balita hingga lansia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics bulan Maret 2008 menyebutkan bahwa anak-anak yang tidak biasa sarapan berisiko menderita kelebihan berat badan ketika dewasa.

“Sudah ada banyak literatur ilmiah yang dipublikasikan mengenai hubungan antara sarapan pada anak, orang dewasa, dan risiko obesitas,” kata Mark Pereira, associate professor epidemiologi dan kesehatan masyarakat dari University of Minnesota School of Public Health.

Penelitian paling baru soal sarapan ini melibatkan lebih dari 2.000 remaja yang diikuti perkembangannya selama lima tahun. Mereka melengkapi isian survei mengenai pola makan, tinggi, berat, indeks massa tubuh dan aktivitas fisik.

Hasilnya, semakin sering anak remaja sarapan, semakin kecil kemungkinan ia mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

“Hal yang terjadi juga adalah persentase lemak total dan lemak jenuh ditemukan lebih rendah pada anak yang sarapan dibandingkan yang tidak,” kata Peter Richel, MD, dokter anak dari Northern Westchester Hospital Center, Mount Kisco, N.Y.

Dari penelitian itu kita jadi tahu bahwa sarapan itu potensial untuk menyeimbangkan energi dan mengontrol berat badan. Tentu saja anak-anak itu terjaga kesehatannya sepanjang hayat karena rajin mengasup sarapan mengandung gizi empat sehat lima sempurna.

Nah..jadi deh skarang aku baru bener-bener tau manfaatnya sarapan pagi. Seberapa penting sarapan pagi? Dan ternyata penting banget yah. Mungkin mulai sekarang harus memaksa membiasakan diri sarapan pagi lagi nih. Lebih baik terlambat daripada ga sama skali kan? Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat orang-orang yang suka menyepelekan sarapan pagi.

Artikel dikutip dari http://www.rileks.com/lifestyle/?act=detail&artid=31102006121500

Advertisements

14 Responses so far »

  1. 1

    bayuhebat said,

    hahahah sama kaya gua :D. pagi2 bahkan gak boleh tidur lagi.

    Btw sarapan sereal plus susu costnya abis berapa ya sebulan. berhubung aku penggemar sereal satu kotak cuman tahan 2-3 hari 😀

  2. 2

    gita said,

    @bayu
    kmaren sih gw sama deniar sempet itung2an, kyanya sih klo sarapan cereal jatohnya lebih murah…yaa asal lo juga ga ngabisin tuh sereal dalam 2-3 hari..hehe..
    cerealnya dimakan tiap sarapan aja bay, makan siang+malem nya nasi aja..klo ga salah sekotak cereal 150 gr itu idealnya untuk 5 kali makan, berarti 5 kali sarapan. Harga cereal 150 gr skitar 6500 sampe 10.000an, tergantung jenis dan merk nya juga.. lo itung aja tuh skali sarapan brarti skitar 1500 sampe 2000an kan..ditambah susu, klo belinya susu kotak, 1 kotak 200 ml tuh harganya skitar 2500an..brarti sekali sarapan bisa skitar 4000-4500an klo lengkap sereal dan susu…
    klo sarapan yg slama ini ada dket kosan gw(kya nasi kuning, bubur ayam,kupat tahu) seporsinya antara 3000 sampe 4000an, nah itu blm pke susu kan, artinya blm bisa disebut sarapan ideal juga..dan harga sarapan sgitu hanya berlaku untuk kita anak kosan yg harga makanannya harga mahasiswa, nah klo di tengah2 kota sana, ga mungkin bisa sarapan dengan harga sgitu..
    Klo sereal dan susu dengan perhitungan harga skitar 4000-4500an menurut artikel di atas bisa lah yaa masuk kategori sarapan ideal..lumayan murah plus sehat lagi…

  3. 3

    ramdani1428 said,

    Hmmm karena mamah dokter, jadinya disiplin banget masalah sarapan. Pokoknya pesen mamah: “Dilarang kemana2 kalo belom sarapan!” hasilnya? Hmmm badan ndut hehe (alhamdulillah belom obes BMI udah di atas 25 tapi masih “sedikit” overweight). Tapi emang dari dulu gak kenal sama yang namanya maag atau penyakit2 akibat makanan lainnya

    semenjak ngekost… sarapan gak tentu. kalo ada kuliah pagi sarapan, kalo nggak yaa… nggak hihi. Kalo rajin bikin coaker oat kalo gak rajin… ya males deh. Akibatnya ya sekarang suka cepet capek & ngantuk sore tapi insomnia di tengah malam hik (kok gw jadi curhat di blog orang ya?)

  4. 4

    Fajar said,

    pengennya sih sarapan sereal, tapi harganya itu…

  5. 5

    deniar said,

    Sebenernya gak wajib si sereal apa gak, cuman yang penting kebutuhan asupan nutrisi tercukupi.

    Then kenapa pilih cereal? karena sereal itu bagi aku mudah dan praktis dijangkau, setidaknya lebih aman dibandingkan makanan2 instan seperti mie instan (yang katanya kaya akan lilin).

    Kalo sereal setidaknya harus minum susu juga (biasanya dimakan pake susu). Nah terus aman karena gak pake penyedap rasa kayak mie instan.

    Mungkin teman-teman punya alternatif laen seperti roti tawar atau sandwich. Boleh2 saja sih

  6. 6

    ry said,

    dulu sih waktu ngekost sarapannya ga pernah sereal, klo ga roti+susu ya oat meal (diseduh pake susu). Tapi klo sarapannya kaya gitu (sereal, roti, or oatmeal) tetep aja jam 9an dah laper lagi. Orang Indonesia asli, belum disebut makan kalo belum makan pake nasi. hahaha

  7. 7

    detchi said,

    aku rajin sarapan cuma mpe SD,,,pas smp n sma dah males,,,palagi pas kuliah,,,
    hasilnya,,,
    bener sesuai penilitian,,,makin ke sini makin ndutttt,,,,hehehehe,,,
    sekarang sih,,,krn harus dah melek dari pagi,,,klo ga sarapan,,perutnya meronta2,,sooo,,sarapan deh,,walopun blm bisa yg sehat2,,,yg penting perut ga meronta2,,hihiihi,,,curhat colongan gini,,,

    btw,thx for the info,,nice posting,,keep posting,,

  8. 8

    Aki Herry said,

    ya iya lah…sarapan mah maha penting…………

  9. 9

    bakazero said,

    ok… sarapan yah? sip2…
    (duh ga ada waktu wae…)

  10. 10

    nanda said,

    mulai besok harus rajin sarapan ah…….

    thanks for the information 😉

  11. 11

    Adrian said,

    gimana ya saya kalo ga sarapan gara-gara bangun jam 12.

    berpotensi obesitas juga ga ya pas saya dewasa????

  12. 12

    Gungz said,

    Saya sarapannya jam 12 siang…sarapan + makan siang..hahaha…

    *pengiritan mode = ON

  13. 13

    anggun said,

    Aku ya gag pernah yg namana sarapan pagi… soalna diet,makan ku cuma siang aja jadi bisa dibilang cm 1 x makan,tapi badan turun na susah,malah klo berhasil nurunin berat badan gag lama badan mulai naik lagi…Bayangkan dlm 1 bulan bisa naik 5kg.Setelah aku baca tentang pentingna sarapan pagi bisa bwt kontrol berat badan makana gw pingin coba klo pagi sarapan.thanks ya infona

  14. 14

    siap” nambah pengeluaran nih..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: