Archive for February, 2009

Berapa Berat Badan Idealmu??

Udah lamaaaaaaaa banget ga nimbang berat badan, mungkin terakhir kali nimbang itu pas ngerjain TA kali ya, skitar bulan juli kmaren. hehe.. Terakhir nimbang itu berat badanku masih 50kg. Stelah itu aku mengalami yang namanya sidang TA, lalu stelah resmi jadi Sarjana aku nganggur slama 1 Bulan, stelah itu langsung masuk ke dunia kerja. Terhitung saat ini udah 5 bulan kerja deh dan baru inget klo selama kerja ini udah ga pernah nimbang berat badan lagi.

Jadilah bgitu ketemu timbangan ga ragu2 lagi langsung nimbang. Ternyata ohh ternyata 5 bulan kerja sudah membuatku naik 3 kg (padahal waktu sbulan masuk kerja sempet kena types juga). Jadilah berat badanku skarang 53 kg dengan tinggi 158 cm (berat badan naik tapi tingginya mah sgitu2 aja..Hehe)

Sempet shock, karena ga pernah nyangka akan jadi se”gendut” ini. Padahal waktu jaman kuliah dulu, kurus banget!!! Karena shock, hari ini jadilah browsing2 tentang menghitung berat badan ideal itu gimana sih sbenernya.

Ktemulah sebuah Website konsultasi kesehatan yang menyediakan calculator untuk menghitung berat badan ideal. Calculator ini menghitung yang namanya Body Mass Index / Index Massa Tubuh (IMT) dengan cara membagi berat badan (dalam kg) dengan tinggi badan kuadrat (dalam m). Singkat kata, rumusnya begini :

IMT = BB / (TB x TB)

 Dan nanti hasil IMT kita, dicocokin sama tabel  Nilai IMT nya. Tabel Nilai IMT nya bgini nih :

Nilai IMT < 18,5 = Kekurangan berat badan
Nilai IMT 18,5 – 24,9 = Normal
Nilai IMT 25,0 – 29,9 = Kelebihan berat badan
Nilai IMT >= 30,0 – 39,9 =  Obesitas

Buat yang ga mau repot-repot ngitung, langsung aja akses ke calculator nya disini

Dan inilah hasil perhitungan IMT ku = 21.230572023 dan ternyata masih termasuk normal (Senangnya!!)

Tapi seberapa normal yah? Karena angkanya dalam range jadi ga ngerti normalnya gimana. Setelah browsing-browsing lagi, dapet lagi nih cara ngitung yang hasilnya ga di-range. Hehe.. Ini bisa ketauan se-meleset apa berat badan kita dari kategori normal. Bgini nih rumusnya :

A=TB-100 (cm)

B=A-(10% x A) kg

B itulah berat badan ideal kita. Dan berat badan idealku seharusnya :

A= 158-100=58 cm

B=58-5.8=52.2 kg

Waduh, ternyata berat badan idealku hanya 52.2 kg, sedangkan berat badanku sekarang 53 kg. Artinya kelebigan 0.8 kg. Hehe.. Lumayan sih, ga meleset jauh lah. Tapi harus tetep dijaga biar ga naik lagi 🙂

Oke buat yang pengen tau berat badan idealnya (terutama pasti cewe-cewe nih), selamat menghitung yah 🙂

Sumber :

http://www.tanyadokter.com/tools-bmi.asp

http://lifestyle.okezone.com/read/2008/10/06/81/151336/81/cara-mengetahui-berat-badan-ideal

Advertisements

Comments (6) »