Women’s Walk for Care :)

Sekitar hari rabu, 26 mei 2010 saya dapet undangan dari Centro (via twitter) untuk ikutan acara Women’s Walk for Care (present by Centro and Revlon Indonesia). Undangan dateng karena saya follow twitter mereka (@centroholic) dan me-retweet setiap tweet tentang breast cancer (dengan hashtag WomensCare). Acara ini intinya adalah jalan sehat untuk mengkampanyekan mengenai breast cancer (kanker payudara). Dan yang ikutan acara ini bisa dapetin goodie bag dari Centro dan Revlon senilai 300ribu. Dan acaranya diadakan hari minggu nya, tanggal 31 mei 2010 jam 6 pagi (what? jam 6 pagi?)

Pikir-pikir ikutan ga yahhh.. Berhubung saya sebenernya agak anti sama olahraga apalagi yang harus mengorbankan jam tidur di hari libur. Cuma tertarik juga sama goodie bag nya (senilai 300ribu donk!!) dan tertarik juga karena katanya ada talk show tentang breast cancer nya. Secara saya selama ini tertarik banget dan lumayan sering browsing info tentang breast cancer

Coba-coba lapor ke suami tentang acara ini, ternyata dia setuju-setuju aja kalo saya ikutan (dan yang penting dia juga mau nemenin saya ikutan acara ini). Dan berhubung beberapa bulan belakangan ini saya agak sering mengalami sakit-sakitan karena faktor kurang olahraga, akhirnya ya sudahlah saya putuskan saya ikutan acara ini. Lagian rute nya juga ga terlalu jauh saya pikir, dari Plasa Semanggi jalan menuju Bunderan Senayan dan balik lagi ke Plasa Semanggi (FYI, acara ini diadakan pas car free day di Sudirman-Thamrin, jadi kita bisa pake sepanjang jalan itu untuk olahraga). Lalu saya confirm ke pihak Centro kalo saya bakalan hadir di acara mereka.

Minggu subuh jam stengah 5 pagi dengan agak berat hati (berat hati karena untuk berangkat kantor pun saya ga pernah bangun sepagi ini. Hehe..) saya bangun, mandi dan siap-siap untuk berangkat. Lalu kira-kira jam 5.20 kami berangkat dari rumah dan sampailah di Plasa Semanggi sekitar jam 5.50.

Saat sampai, suasana udah lumayan rame, walaupun sepertinya masih rame nya sama panitia-panitia nya. Hehe.. Lalu saya menuju meja registrasi khusus onliners, register dan dapet kaos plus payung pink. Lalu saya disuruh ganti baju dengan kostum pink yang dikasih itu. Btw, kaosnya saya suka sekali loh, ada gambar siluet-siluet cewe gitu *entah kenapa saya suka sama kaos nya, walaupun banyak logo sponsor dimana-mana. Hehehe..

Lalu sambil menunggu acara mulai, saya duduk-duduk dan ngobrol-ngobrol dengan sesama peserta. Ternyata yang ikutan acara ini bukan cuma dari follower twitter @centraholic aja, tapi dari mereka yang transaksi di Centro senilai 200ribu atau di Revlon senilai 150ribu bisa ikutan juga (tapi tempat terbatas). Saya baru tau info ini, padahal sebenernya lumayan sering belanja di Centro (apalagi kalo lagi diskonan). Tapi emang sebulan belakangan ini saya belum kesana lagi karena blm ada waktu.

Setelah menunggu agak lama, sekitar jam 7 pagi baru diadakan acara opening dengan MC Sophie Navita. Dan disitu saya baru tau kalo ternyata kita ga dikasih snack atau apapun untuk mengganjal perut sebelum jalan sehat (lagian kenapa juga yah saya sempet mikir kalo dikasih snack pagi, padahal ga pernah ada yang ngasih tau tentang ini). Tapi untungnya saya bawa beng-beng dari rumah, cuma ada satu beng-beng sih dan saya bagi dua sama suami saya. Lumayan, walaupun sama sekali ga mengganjal perut itu beng-beng tapi setidaknya secara psikologis saya merasa ada makanan yang sudah masuk. Hehe..

Jam stengah 8 acara jalan sehat pun dimulai dengan diawali acara pengguntingan pita. Awal jalan sehat saya masih semangat, masih ketawa-ketiwi dan sangat menikmati matahari pagi yang katanya kaya vitamin D. Begitu baru seperempat jalan, kira-kira sampe di seberang Fx, kepala mulai keliyengan dan badan mulai agak kurang seimbang rasanya. Waduh gawat banget nih. Mungkin karena saya belum sarapan dari pagi (dan sebenarnya saya juga masih dalam proses penyembuhan karena persis seminggu sebelumnya saya baru saja keluar dari Rumah Sakit). Untung saya ditemani suami jadi bisa gandeng-gandeng sedikit biar badan ini tetep seimbang. Tapi ga berapa lama nemu tukang jualan minuman di pinggir jalan, langsung lah saya beli Nu Green Tea madu (sengaja beli yang madu biar jadi ada tenaga). Setelah minum Nu Green Tea nya saya mulai ada tenaga lagi dan mulai ga keliyengan lagi. Ternyata Plasa Semanggi – Bunderan Senayan – Plasa Semanggi itu jauh lohhh (ga sedeket yang saya bayangkan rutenya). Keringet udah bercucuran dimana-mana, udah cape rasanya tapi koq ga nyampe-nyampe juga. Tapi saya seneng, buktinya sepanjang jalan saya tetep bisa senyum-senyum. Dan ternyata olahraga itu enak yah apalagi kalo sampe bisa mengeluarkan keringet, rasanya badan jadi seger walaupun sedikit cape.

Akhirnya sekitar jam stengah 9, sampailah lagi di Plasa Semanggi. Dan Alhamdulillah dikasih makan nasi+ayam bakar nya chicken story. Saya makan deh tuh berdua suami. Sambil makan ada acara games dan bagi-bagi hadiah gitu. Wahh rame banget pas acara ini, saking pengennya orang-orang dapet hadiah sampe ada yang lari-larian deketin MC buat jawab pertanyaan sambil ngunyah dan bawa box makanannya. Hahaha 😀

Setelah selesai makan semua, kita suruh masuk ke Plasa Semanggi, suruh kumpul di atrium nya yang di depan Centro buat ngikutin acara talk show. Sebelum talk show ada penampilan dari group band Mozaik (jujur saya belum pernah denger group band ini dan ga tau lagunya. Ini group band baru atau saya yang ga gaul yah?).

Abis Mozaik, baru deh ada talk show yang saya tunggu-tunggu. Di talk show nya ada dr. Cipto (kalo salah namanya maafkan saya yah) dan Rima Melati sebagai breast cancer survivor. Di talk show ini dijelasin tuh sejelas-jelasnya tentang breast cancer. Di antaranya tanda-tandanya seperti nyeri di payudara, ada benjolan, atau keluar cairan yang warnanya seperti air cucian daging dari puting susu kita. Dan ternyata sekarang itu anak umur 15 tahun udah ada loh yang kena breast cancer (gila yahh..padahal zaman dulu pasien breast cancer rata-rata di atas 40 tahun). Makanya jadi disarankan kalo seorang anak perempuan udah menstruasi ada baiknya mulai deteksi dini untuk breast cancer.

Yang paling penting sih katanya rajin melakukan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Kata si pak dokter, caranya dengan meraba payudara dari arah ketiak ke arah tengah (melalui bawah payudara) lalu balik lagi ke arah ketiak (melalui bawah payudara) dan balik lagi ke tengah (melalui bawah payudara) lalu ke ketiak (melalui payudara atas). Kalo terasa benjolan-benjolan, nahh itu harus kudu wajib diperiksain. Jangan terus-terusan punya pikiran “ahh paling gapapa”. Oh iya, kegiatan SADARI ini dilakukan pas kita mandi aja (jadi ga usah pake malu, kan sendirian ini di kamar mandi) dan dilakukan sekitar 2 minggu setelah menstruasi.

Lalu si pak dokter juga menyarankan kita kalo pake bra kalo bisa yang dalemnya warna putih (mau pake bra berwarna boleh asa dalem nya warna putih). Hal ini supaya kita tau seandainya payudara kita mengeluarkan cairan, kalo warna dalem bra kita putih akan keliatan cairannya warna apa. Dan kalo keluar cairan warnanya seperti air cucian daging, itu juga harus periksa.

Terus….kalo kita ga merasakan gejala-gejala di atas apa harus periksa juga? Sarannya sih iya, minimal melakukan deteksi dini dengan USG payudara atau mamografi (bener ga nih nulisnya?). Kita bisa deteksi dini di tempat-tempat seperti YKI (Yayasan Kanker Indonesia) atau di RS Dharmais. Jadi kalo ada gejala sekecil apapun bisa langsung ketauan dan langsung terdeteksi. Sebenernya saya dai zaman kuliah sudah pernah periksa payudara ke dokter bedah umum di RS Fatmawati, waktu itu karena saya suka merasa nyeri. Lalu sama dokternya dikasih rujukan untuk USG, tapi karena waktu habis periksa ke dokter saya langsung ke Bandung, jadi saya ga sempet-sempet sampe sekarang dan akhirnya ga pernahlah jadi USG payudara itu 😦

Tapi beberapa bulan belakangan ini saya mulai mencari-cari lagi info tentang breast cancer lagi, karena saya suka merasa nyeri (walaupun nyerinya waktu mau menstruasi aja yang kata orang itu wajar). Dan ternyata saya nemu lah info tentang YKI, ternyata disana bisa juga sekalian Pap Smear Test, yaitu test untuk deteksi dini kanker serviks. Cuma kalo ga salah Pap Smear test nya cuma bisa hari kamis apa yah, jadi saya harus mempersiapkan cuti dulu untuk melakukan test-test itu.

Pak dokter juga menjelaskan siapa-siapa yang beresiko besar terserang breast cancer. Antara lain mereka yang tidak menikah, tidak pernah melahirkan, tidak menyusui, melahirkan anak pertama di atas umur 35 tahun (selebihnya silahkan browsing sendiri karena saya lupa. Hehe..). Dan sekedar info, sebelum menikah ada baiknya kita dan pasangan melakukan medical check up (sekarang sudah banyak RS atau lab yang menyediakan paket medical check up pra nikah). Deteksi dini breast cancer pun dianjurkan untuk dilakukan sebelum menikah. Kenapa? Karena kalau kita menikah dan hamil,  hormon estrogen akan menigkat, dan hormon estrogen itu justru akan memperparah jika kita memiliki breast cancer.

Untuk mitos-mitos seperti jika pake bra berkawat atau jika kita tidur memakai bra atau jika kita memakai bra berbusa, bisa menyebabkan breast cancer. ternyata semua mitos itu ga bener loh. Kata pak dokter, penggunaan bra tidak ada sama sekali hubungannya dengan breast cancer. Saya juga baru tau sih. Tapi ya kalo masalah tidur pake bra, ya apa enak ya tidur pake bra. Pak dokternya juga menyarankan biasain lepas bra sebelum tidur, bukan berkaitan dengan breast cancer, tapi supaya saat tidur aliran darah di daerah situ lebih lancar, jadi ga sesek tidurnya.

Setelah acara talk show itu ada penampilan dari Glenn Fredly. Huhuhu.. Baru kali ini nonton Glenn Fredly nyanyi live dengan jarak yang amat sangat dekat. Dan keren banget ternyata 🙂

Ada doorprize juga ternyata, hadiahnya Blcakberry Gemini buat 3 orang. Saya udah rela-relain nungguin acara sampe abis, dan ternyata doorprize nya ga dapet. Hikssss.. kata temen saya sih saya emang ga pernah hoki di urusan doorprize 😦

Akhiryaaaa…jam 12 siang, abis door prize dan Glenn Fredly nyanyi acaranya kelar. Dan saya pulang ke rumah dan langsung tidur! Sebernernya pengen belanja-belanja dulu di Centro, secara lagi diskon dan hari itu terakhir diskon, tapi ternyata udah tepar juga dan terpaksa harus pulang. But really really glad to join this program. Badan sehat, ilmu nambah dan yang paling penting goodie bag udah di tangan. Hihihihiiii :p

PS : Untuk foto-fotonya nyusul aja lah yah kapan-kapan, karena masih di camdig dan blm di-transfer 🙂

9 Responses so far »

  1. 1

    gita said,

    Ohh iya, quote kata2nya aline (model) yang kemaren nongol juga di acara talk show.. waktu ditanya, kenapa kamu peduli sama kesehatan payudara, jawabannya “karena saya punya payudara”…
    jawaban bijaksana banget buat kita perempuan2 supaya lebih peduli sama kesehatan payudara kita, because we have it girl!! 🙂

  2. 2

    theonlynelly said,

    Gita curang ah, g ngaku hehe :p

    Tapi sharenya keren kok git, padahal tadi aq udah ngerencanain nti malem mau ngechat kamu ttg acara kemaren.

    • 3

      gita said,

      Hehehe…maap ibu nelly, bukannya bermaksud ga mau ngaku..tapi soal yg itu ga boleh ngaku sm orang centronya..takut ga enak sm yg lain soalnya 🙂

      Ehh kmaren seru bgt loh acaranya…sepertinya dlm bbrp bulan ini aku mau usg payudara plus pap smear test nih 🙂

  3. 4

    deniar said,

    Wah mantap lengkap sekali nih

  4. 5

    theonlynelly said,

    Ooh gitu ya bu’ *gita terlibat persekongkolan* hehe :p

  5. 6

    dela said,

    aku iri sekali. dikasih tau centro via twitter, malam sebelum acaranya, tapi aku udah tidur, dan baru buka twitter hari minggu siangnya.

    tapi, keliatannya menarik mbak. aku mau dikasih tau info usg payudara sama pap smear test dunk. dari mulai tempat dan anggaran kira-kiranya. makasih 🙂

    • 7

      gita said,

      hai dela…sayang banget yah melewatkan acara kemaren..padahal seru loh 😀
      jalan sehat, ada games nya, ada talk show, ada doorprize, ada Glenn 🙂

      klo untuk usg payudara dan pap smear sih aku juga blm pernah..hehe…tapi udah sering nyari info nya…

      dulu aku pernah udah dapet rujukan usg payudara di RS Fatmawati, sekitar tahun 2008 itu harganya 250ribu..tapi belum cek klo di tempat lain berapa *ngarep ada yg lebih murah lagi..hehehe :p

      kalo untuk pap smear test biayanya lebih terjangkau. Kalo mau murah dan akurat ke YKI (Yayasan Kanker Indonesia) aja. Kebanyakan aku baca orang-orang rekomen pap smear test disitu. Kalo di YKI, untuk pap smear biayanya 50ribu atau 60ribu gitu…ga mahal koq…tapi kalo test di RS mungkin lebih mahal…

      Lokasi nya YKI yang melayani pap smear :
      1. Klinik YKI. Jl Dr. GSSY Ratulange No. 35-37. Menteng – Jakarta. Telp. 3152603, 31927464.

      2. Pusat Diagnostik Dini YKI. Jl. Lebak Bulus Tengah no. 9 JakSel. Telp. 7690704, 7507447.

      3. YKI di daerah Tingkat I yang sudah mempunyai fasilitas untuk pemeriksaan PAP Smear.

      tapi setauku untuk pap smear test syaratnya sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seksual dan ga lagi mens.

      Mudah-mudahan info nya membantu yah 🙂

  6. 8

    andtheree said,

    Wah.. nice info..

    tapi, untung cowo’ ga ada breast cancer ya..

    hehehe..

    • 9

      gita said,

      Ehh siapa bilang? Cowo kan jg punya payudara (tapi ga membesar kaya cewe).. Kata dokternya, cowo itu jg ada potensi kena breast cancer (dan byk jg kejadiannya), tp mgkn ga sebanyak kasus breast cancer pd perempuan….jadi ada baiknya tetap waspada 🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

