Archive for Makan yuuu’…..

Sop buntut bakar seharga Rp. 50.000?

Beberapa minggu yang lalu keluargaku dari Jakarta dateng ke Bandung nengokin aku. Sesuai kebiasaan klo lagi ada keluarga dateng, pasti aku ajak makan2 di Bandung ini. Trus kmaren bingung mw makan apa ya enaknya. Waktu lagi mikir2, mama tiba2 bilang “Pilih aja tempat makan yang enak. Skalian kamu refreshing lagi stress ngerjain TA”. Mulailah pikiran licik nya kluar. Klo gitu mumpung nih, mumpung ada mama, skalain aja ngajak makan ke tempat makan yang kata orang2 “enak banget tempatnya, makanannya juga enak banget, tapi mahal2”.. tempat makan yang kya gini ini yang ga pernah aku kunjungin di Bandung, maklum mahasiswa, budget nya terbatas..hehe

Stelah lama mikir2, akhirnya lah aku putuskan untuk ke Kampung Daun di Lembang. Ini dia nih tempat makan yang kata orang2 “suasananya enak banget, makanannya juga enak2, tapi sayangnya mahal2”. Tempat yang ‘pas’ banget ngajak mama makan disini..hehe

Pas nyampe sana, ternyata..Subhanallah…bagus banget tempatnya..nyaman banget.. kita makan di saung2 kecil yang dikelilingi sama tebing2 tinggi, trus ada air terjunnya juga ditambah udara yang sejuk banget. Poko’nya suasana yang amat sangat menyenangkan lah. Setelah terkagum-kagum sama suasananya,tibalah saatnya memesan makanan. Pas liat menunya..wuih ternyata emang mahal2. Haha.. Untungnya mamaku tipe orang yang ga pernah merasa rugi membayar mahal untuk makanan yang bener2 enak. Jadi berdoa aja harganya yang mahal bukan cuma untuk sekedar membayar suasana tapi juga untuk membayar rasa makanan yang enak.

Setelah liat2 menu, adeku pesen sop buntut bakar. Satu porsi sop buntut bakarnya itu seharga RP. 50.000. Gila… seporsi 50.000?? Kya apa tuh buntut dijual dengan harga 50.000? Jadi membanding2kan sop buntut bakar yang pernah aku makan di gelapnyawang ITB, harganya cuma RP. 10.000 per porsi. Haha.. Perbandingan yang salah.. Gelapnyawang dibandingin sama kampung daun?? Ironis.. Saat itu aku cuma berpikir mudah2an aja rasa sop buntut bakar di kampung daun emang 5 kali lipat enaknya dari rasa sop buntut bakar di gelapnyawang, secara harganya juga 5 kali lipat lebih mahal.. hehe

Stelah menunggu sambil menikmati suasana, akhirnya lah datang si sop buntut bakar 50.000 itu. Penasaran, kya apa sih rasanya. Klo diliat bentuknya sih ga ada bedanya sama yang di gelapnyawang.. Hehe.. Pas aku ngerasain, ternyata……. Subhanallah.. Emang ga rugi bayar 50.000 untuk seporsi sop buntut bakar ini (sbenernya bayar berapa pun juga ga rugi sih..secara yang bayar kan mama..hehe).. Rasanya bner2 enak banget.. Klo kata pak bondan : “Maknyuss!!!”. Buntut nya empuk banget, rasa sop nya pun enak banget. Bolehlah dibilang rasanya 5 kali lipat lebih enak daripada yang di gelapnyawang.. Hehe

Buat yang penasaran nyobain sop buntut bakar enak ala kampung daun silahkan menabung dulu yaa (terutama buat yang mahasiswa2 sperti saya yang budget nya terbatas..hehe).. Klo ga mau nabung, ambilah jalan pintas, ngajak orang tua makan disini.. Hehe

Advertisements

Comments (8) »

Nyelupin strawberry di air mancur coklat

Kmaren jalan2 ke Paris Van Java.. Tiba2 nemu air mancur coklat.. sebenernya udah dari lama sih nemu toko ini di Paris Van Java, tapi slama ini blm pernah nyobain. Karena penasaran, akhirnya mampir juga deh ke toko itu.

Pas nanya mas-mas yang jualnya, ternyata ada strawberry, melon, pear, sama mashmallow. Smuanya udah penuh dilumurin coklat, abis itu masih boleh kita celupin lagi ke air mancur coklatnya. Trus boleh minta ditaburin permen warna-warni atau ditaburin kacang.

Kmaren kbetulan aku nyobain strawberry. Satu tusuknya itu isinya 3 strawberry yang udah penuh dilumurin coklat. Abis itu aku celupin lagi ke coklat di air mancur coklatnya. Rasanya enak banget. Asem2 strawberry nya nyatu banget sama rasa coklat yang manis. Enak banget.. Satu tusuk dijual dengan harga Rp. 4000.. yah lumayan juga sih..

strawberry celup

Comments (4) »

Selain teh celup, ada juga Strawberry celup

Waktu lagi iseng2 minum teh “tong tji” di Gramedia dpan BIP, tiba2 mataku tertuju pada sepaket bungkusan minuman celup, mirip teh celup, tapi ternyata bukan teh. Ternyata itu strawberry celup. Ada juga ya?? Jadi klo teh celup kan daun teh yang dikeringkan trus dimasukkin ke bungkus putih celupnya, nah klo ini buah strawberry yang dikeringkan trus dimasukkin ke bungkus putih celup. Nah selain strawberry celup juga ternyata ada 2 buah lainnya yang dibuat model celup2 bgini, yaitu peach celup dan lemon celup.
Karena penasaran, akhirnya aku beli sekotak, harganya ga terlalu mahal, cuma Rp. 12500, sekotak itu isinya ada 15 bungkus. Terdiri dari 5 bungkus strawberry celup, 5 bungkus peach celup, dan 5 bungkus lemon celup.

Cara bikin strawberry celup ini praktis banget, sama kya kita bikin teh celup, bungkus putih celupnya langsung dimasukkin ke air panas, trus ditambah gula klo mw manis. Rasanya mirip2 sama syrup strawberry. Klo yang lemon rasanya mirip sama lemon tea, tapi lebih asem. Klo yang peach rasanya juga enak, asem2 manis gitu. Lumayan juga bisa jadi variasi minuman hangat yang slama ini kita nikmati cuma dalam bentuk teh, kopi, atau susu. Sekarang jadi punya tambahan minuman hangat strawberry, lemon, dan peach. Sekedar info, minuman ini enak juga klo diminum dingin alias dicampur es batu.

buah celup

Buat yang mw coba, belinya di counter2 teh tong tji yang suka ada di mall2 gitu.. selamat mencoba 🙂

Comments (5) »

Strawberry

strawberry
Berawal dari suka banget sama smua varian makanan dan minuman yang mengandung strawberry, aku jadi terinspirasi untuk mencari tau manfaat buah ini. Diluar dugaan, ternyata strawberry banyak banget manfaatnya. Padahal selama ini aku mengkonsumsi strawberry bukan karena tau manfaatnya, tapi karena rasanya yang menurutku enak banget

Dibalik manfaatnya yang banyak, ternyata ada legenda menarik juga loh tentang strawberry. Dulu banget (entah kapan), strawberry dijadikan lambang cinta oleh orang-orang yang hidup di zaman Yunani kuno. Bukan karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati, tapi karena warna, rasa dan manfaatnya bagi manusia, terutama untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan orang Romawi mengelompokkan strawberry sebagai tumbuhan obat-obatan karena sangat kaya vitamin C, sumber folat dan potasium. Satu ons strawberry mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan satu ons jeruk sitrun.

Setelah membaca beberapa web yang membahas tentang strawberry, aku mencoba mengumpulkan manfaat-manfaat buah ini. Manfaat buah strawberry antara lain :

1. Mengandung phytochemicals, yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan mengikat radikal bebas, sehingga mencegah timbulnya penyakit dan menunda proses penuaan.

2. Mengandung ellagic acid sebagai antioksidan yang terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.

3. Mengurangi risiko kanker dan penyakit yang ditimbulkan asap rokok. (berdasarkan penelitian di Amerika)

4. Mengandung zat antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan.

5. Dengan mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari, kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Strawberry memiliki kandungan citamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dengan kandungan vitamin C sebanyak itu, strawberry diyakini mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker hingga 37 persen. Selain itu strawberry juga diyakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.

6. Memiliki efek terapi yang sangat baik untuk pencegahan penyakit leukimia, anemia aplastik ( kurang darah aplastik) dan penyakit darah.

7. Dua macam zat yang terkandung dalamnya, “strawberry amine” dan “asam tanat”, memiliki efek mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.

8. Memiliki nilai medis yang tinggi, punya efek membasahi paru dan menghasilkan cairan tubuh, menguatkan limpa dan lambung, melancarkan air kemih dan bengkaknya lisut, meredakan demam dan menghilangkan panas, cocok untuk merangsang nafsu makan, meredakan batuk.

9. Mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

10. Menyusutkan kadar kolesterol

11. Meredam gejala stroke

12. Mengandung zat anti alergi dan anti radang

13. Cocok untuk diet bagi pengidap diabetes karena kandungan gula di strawberry hanya sedikit

14. Memutihkan dan membersihkan permukaan gigi

15. Melawan encok dan radang sendi

16. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. 3 sampai 4 cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari dapat efektif menghentikan serangan diare

Masih banyak lagi manfaat-manfaat strawberry yang ga terungkap disini. Tapi selain ke-16 hal di atas, ada peran penting buah strawberry dalam dunia kencatikan. Konsentrasi 7 zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, strawberry sangat efektif untuk memperlambat proses penuaan. Kandungan vitamin B1, B2, C dan Provitamin A pada strawberry dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah, bersih serta dapat mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit.

Wahh…stelah tau banyak banget manfaat strawberry, jadi makin pngen sering-sering mengknsumsi makanan yang mengandung strawberry.

Sedikit tips yang pngen banget dapetin semua manfaat strawberry tapi ga terlalu doyan strawberry : strawberry bisa diolah jadi beberapa makanan atau minuman yang enak banget buat dikonsumsi, seperti :

pie juice cake puding

sus brownies cake puding

cake roll sundae eskrim

wahh…banyak banget kan makanan yang mengandung strawberry..dan semuanya dijamin enak!! selamat makan strawberry 🙂

Comments (4) »

Mie sehat buat yang ga suka makan sayur & buah

Kmaren sempet jalan2 di BEC sama deniar. Di tengah jalan-jalan tiba-tiba laper trus mampir deh ke food court. Muter2 di food court bingung mw makan apa, akhirnya ngeliat sesuatu yang unik. Mie hijau, mie orange, mie merah. Apaan yaaa? Daripada penasaran, akhirnya kita beli. Ternyata kata mba2 yang jualan, mie Hijau nya itu ada sari bayam, klo yg orange wortel, trus yang merah buah bit (buah untuk penambah darah). Pas dicobain, rasanya enak, ga jauh beda sama mie2 pangsit yang dijual kebanyakan dan rasa bayam, wortel, atau buah bit dalam mie nya itu ga berasa sama sekali. Tapi bagusnya mie ini lebih sehat karena ada kandungan sayur atau buah2an tadi itu. Buat yang ga suka makna sayur dan buah, cocok banget nih, bisa makan sayur dan buah dengan rasa mie pangsit yang enak. Trus uniknya lagi, mangkok yang dipake sebagai wadah mie nya itu bukan mangkok biasa. Tapi mangkoknya itu kerupuk pangsit yang berbentuk mangkok dan bisa dimakan. Jadi ada sensasi yang lebih waktu makan mie ini. Masalah harga juga terjangkau banget koq untuk kantong mahasiswa 🙂

Mie Hijau Mie Orange


Comments (5) »

Cordon Bleu ala anak kosan

Waktu pulang ke Jakarta kmaren, aku dibekalin cordon bleu siap masak sm mama…kalo di rumah sih biasanya dimakannya pke saos sambel biasa..tp stelah aku bawa ke bandung, dipikir2 koq kaya’nya kurang seru klo cm pke saos sambel biasa..kaya’nya lebih enak klo dimakan pake kuah steak. Akhirnya aku sempetin nyari resep kuah steak di internet. Ktemu sih resepnya, cuma dasar ga mau repot, akhirnya kpikiran bikin kuah steak yg praktis banget (alias ga pake masak dengan bumbu yg aneh2..hehe). Jadilah malem2 minta anterin deniar ke Carrefour buat nyari saus barberque.. ktemu deh Saus Barberque Delmonte..

Sampe kosan langsung aja eksperimen… goreng cordon bleu dengan sabarnya (biar keju di dalemnya meleleh) ..trus masak deh Saus Barberque nya ditambah sdikit bumbu2 biar lebih enak rasanya.. Pas sausnya udah slesai dimasak, langsung dituang ke Cordon Bleu yg tadi udah digoreng, trus dikasih keju parut lagi di atasnya..

Yummy….Enak banget rasanya…ga kalah sama Cordon Bleu yg ada di cafe2..hehe

Cordon Bleu 2 Cordon Bleu 1

Comments (8) »